Minggu, 30 Desember 2012

2012 dalam film

The Avengers
Tahun ini ada 2 film yang meraih pendapatan lebih dari US$ 1 Milyard! dari seluruh dunia, yaitu The Avengers ($ 1.5 M), dan The dark knight rises ($1.0 M). Masih ada 1 film hingga penutup tahun diprediksi bisa menembus kelompok film berpendapatan $1 M, yaitu Skyfall (saat ini masih meraih $979,3 M). Dari pendapatan film terbesar ini sepertinya bisa kita tarik garis merah film apa yang menguasai 2012, lagi-lagi memang genre superhero. kalo boleh nyinyir The avengers tampaknya perlu membawa serombongan superhero untuk memaksa kita datang ke bioskop, & the dark knight rises terangkat oleh daya tarik the dark knight, lalu skyfall?. Sky fall menjadi seri James bond terbaik pilihan saya, tampil  lebih manusiawi dan makin keluar dari pakem bond biasanya.

The dark knight rises
Pasar film tahun ini ternyata masih bisa bertahan di tengah lesunya perekonomian dunia, dari pasar domestik amerika, pendapatan film hollywood mencatat malah naik dan mencapai rekor US$ 10,8 Billion (hingga natal lalu) dan diprediksi sampai akhir tahun pasar film amrekia akan naik sekitar 5,6%. Cukup melegakan mengingat tahun 2011 lalu, pendapatan tiket bioskop merosot hingga mencapai level dibawah tahun 1995. Tercatat ada 11 film (mungkin bertambah) meraih pendapatan diatas 200 juta lebih banyak dibanding tahun 2011 yang hanya 7 film. Pasar domestik Amerika di pimpin oleh The Avengers, The Dark knight rises, The hunger games, Twilight, Amazing spiderman, Brave, Ted, Madagascar, Lorax, dan The hobbit.

Dari box office Indonesia, belum ada catatan resmi mengenai jumlah penonton tahun ini, yang pasti tahun ini (lebih tepatnya akhir tahun) pasar film Indonesia lebih baik. Pertama karena ada 3 film yang telah meraih penonton di atas 1 juta (dari 0 film tahun lalu) dan yang kedua tak ada film horor/komedi kancrut di 6 besar film terlaris tahun ini. The raid yang sukses menjadi film pertama Indonesia yang menembus Box office amerika, menjadi film Indonesia terlaris tahun ini dengan jumlah penonton 1,8 juta!. Di posisi kedua di duduki 5 cm dan masih ada kemungkinan akan bisa disusul oleh Habibie & Ainun. 3 film laris tahun ini ada Negeri 5 menara, perahu kertas, dan Soegija, sepertinya ada trend adaptasi buku nih.

berikut best of 2012 untuk film-film yang pertama kalinya saya tonton sepanjang tahun ini.

Film terbaik : Hugo
10 film terbaik pilihan saya lainnya :
2. A Separation
3. Midnight in Paris
4. Ted
5. The Raid
6. The Dark knight rises
7. The artist
8. Descendants
9. The Avengers
10. Test pack
special mention : Seven something, Kita vs korupsi, Skyfall

Best director : Martin scorsese (Hugo)
Asghar farhadi (A Separation)
Woody allen (Midnight in Paris)
Alexander payne (Descendants)
Michael havanavicius (The artist)

Best actor : George clooney (Descendants)
Mark whalberg (Ted)
Paymen maadi (A Separation)
Dean dujardin (The artist)
Owen wilson (Midnight in Paris)

Best actress : Merryl streep (The Iron lady)
Michelle williams (My week with marilyn)
Tilda swinton (We need to talk about kevin)
Glenn close (Albert nobbs)
Viola davis  (The help)

Best supporting actor : Christopher plummer (Beginner)
Javier bardem (Skyfall)
Jim broadbent (The Iron lady)
George clooney (Ides of march) 

Best supporting actress : Sareh bayet (A Separation)
Octavia spencer (The help)
Shailene woodly (Descendants)
Melissa Mc Carthy (Bridesmaid) 

Best screen play : woody allen (Midnight in paris)
Asghar farhadi (A Separation)
Tate taylor (The Help)
Alexander payne (Descendants)
Michael havanavicius (The artist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar