Jumat, 28 Desember 2012

2012 Dalam Televisi

“TV tak akan bertahan karena orang akan segera bosan memelototi kotak kayu itu setiap malam” – Daryl Zanuck
Begitu ramalan Daryl Zanuck  produser 20th century fox tentang masa depan industri televisi pada tahun 1946. Pada tahun itu, televisi memang baru ditemukan, dan pekerja kreatif TV telah membuktikan ramalan itu salah besar. Saat ini ramalan Zanuck bahkan masuk dalam quote terkonyol sepanjang massa. TV sudah membuktikan berhasil memaksa milyaran orang untuk jadi ketagihan duduk di depannya. Bagi saya yang hanya bisa menikmati tayangan TV Indonesia, ramalan Zanuck ada benarnya.

Mata najwa
Perhatikan saja tayangan TV Indonesia akhir tahun ini, saya tak melihat perbedaan mencolok dengan tayangan pada akhir tahun 2011, atau akhir tahun 2010. Jadi, wajar donk tahun ini saya makin bosan memelototi kotak plastik (bukan kayu lagi). Tayangan-tayangan berita yang awalnya masih menahan saya untuk duduk di depan TV, saat ini hadir penuh hidden agenda, provokatif, dan….. pokoknya malah makin menjauhkan saya dari televisi. Dari sekian banyak tayangan membosankan dari TV Indonesia, memang masih menyisahkan beberapa tayangan yang masih menarik saya antara lain: Mata najwa dengan berbagai trik menginterogasi nara sumbernya & tayangan penuh inspirasi, kick andy. Tayangan sinetron TV sempat memberikan harapan saat awal tahun 2012, dengan munculnya miniseri “anak kaki gunung” yang sayangnya trendnya tak berlanjut. Untungnya akhir tahun ini kompas TV menampilkan jenis tayangan serial yang beda dari biasanya sebuah monk documentary besutan Raditya dika berjudul “Malam minggu miko”.

Yang membuat saya penasaran, wabah drama korea, ternyata tidak membuat drama korea menjamur di TV-TV Indoensia. Memang jumlah drama Korea yang ditayangan TV Indonesia naik, tetapi tidak sebanyak saat kita demam telenovela dulu (kita? *uhuk).  TV-TV Indonesia rupanya lebih suka memutar adaptasi mentah drama korea ke sinetron & FTV (namanya juga adaptasi mentah, Kualitas? You know lah…..). Yang salut, genre sinetron lokal macam tukang bubur naik haji, Islam KTP, masih jadi jawaranya.

Acara TV Indonesia yang laku lainnya pada tahun ini masih seputaran acara live music yang melibatkan para ababil, komedi sarkasme, kompilasi video-video dari you tube, dan yang menarik talk show!.....tetapi acara laris disini malah menjauhkan saya dari TV Indonesia (tapi kok saya tahu semua ya)

Glee season 3
Saya justru tak bisa lepas dari serial Hollywood. Serial paling saya nanti adalah Glee…walau sering nyadar ceritanya agak ngaco… alasan tak bisa lepas dari Glee adalah semangat anti diskriminasinya & semangat mereka mewujudkan mimpi, dan juga musiknya. Serial TV favorit saya masih sama dengan tahun lalu modern Family! Walau season 3 ini kadar kelucuannya berkurang (sedikit) tetapi cerita tentang "3 keluarga tak sempurna" ini masih yang menjadi yang terbaik tahun ini. 

Sepanjang tahun ini saya mengikuti lebih banyak serial dibanding tahun-tahun sebelumnya (walau tidak rutin) seperti How I met your mother?, The walking dead, 30 rock, raising hopes, games of thrones, Dexter, good wife, American horror story, park & recreation, *apalagi ya …..wuih ternyata banyak yah, pantesan dah gak ngikuti TV Indonesia lagi.

berikut : Best of 2012 kategori televisi pilihan saya, untuk tayangan televisi yang saya tonton sepanjang tahun 2012
Sofia vergara (baby on board-Modern family)

Best TV program : Modern Family (season 3)
The Amazing race
The Walking dead
30 rock
The Big Bang theory

Best Director : Ernest R Dickeresen (What lies a head- The walking dead)
The walking dead
Michael spiller (Last walt – Modern family)
Steven levitan (Baby on board – Modern family)
Alan taylor (Fire & bold –The games of thrones)
Pamela fryman (Trilogy time - How i met your mother)

Best actor : Jim parson (Big bang theory)
Ty burel (Modern family)
Peter dinklage(Games of thrones)
Lucas neff (Raising hope)
Alec Baldwin (30 rock)

Best actress : Sofia vergara (Modern family)
Julie bowen (Modern family)
Amy pohler (Park & recreation)
Melissa Mc carthy (Mike & Molly)
Tina fey (30 rock)

Malam minggu miko
Tayangan TV Indonesia terbaik : Malam minggu miko
Kick andy
Mata Najwa
Anak kaki gunung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar