Sabtu, 29 Desember 2012

2012 dalam musik


Tahun 2012 adalah tahunnya K-pop, aliran musik ini telah berhasil mewabah ke seluruh dunia. Mengandalkan kedinamisan gerak, dengan musik yang easy listening, juga penyanyi yang unyu-unyu, K-pop sukses membius para remaja seluruh dunia. Awalnya aliran K-pop sangat segmented dengan anak muda sebagai target pasarnya, tetapi Psy telah membuat K-pop untuk semua. Video Gangnam Style tahun ini telah sukses menjadi video you tube dengan penonton terbanyak sepanjang masa, dengan penonton menembus angka 1 Milyard membuat musik Korea lebih mengglobal lagi.

Demam K-pop industri musik di beberapa negara asia "meradang", banyak dari mereka meminta pembatasan pemutaran k-pop di negara mereka. Lain lagi di Indonesia, Demam K-pop membuat berjamurnya Boysband, & Girls band baru yang mengadopsi mentah-mentah K-pop!

Tahun ini, band baru Noah, transformasi dari Peter pan merajai musik Indonesia dengan single sejuta umat .... separuh aku. Album Indonesia terbaik tahun ini menurut saya adalah album "32" milik Pandji pragiwaksono. Album bergenre rap, dengan ini tak melulu berisi hal berat seperti kritik sosil, album ini juga bercerita tentang putus cinta, pria yang ke GRan, hingga Muh. Hatta. 

Genre musik Melayu di Indonesia bisa saya katakan mulai meredup. Beberapa musisi yang masih eksis  mengeluarkan single melayu tahun ini masih didominasi muka lama seperti Wali, dan juga setia band yang merupakan band transformasi dari ST 12.

Dunia sendiri ternyata belum bisa move on dari lagu-lagu "galau" dari album 21 Adele. Album ini masih melanjutkan "kelarisannya", dan baru keluar dari Billboard top 10 album september lalu. Album 21 nangkring di billboard top 10 album selama 78 Minggu! bayangkan album ini mulai laris saat Adele masih jomblo hingga dia melahirkan anak pertamanya...wow!. Dengan meraih 6 grammy tahun ini, angka penjualan album 21 milik Adele ini bahkan lebih besar dari dari total penjualan album Katy perry + Lady gaga + Rihanna.

Album internasional terbaik pilihan saya tahun ini jatuh pada genre alternatif!, tepatnya The 2nd law (muse), My Ioxyloto (Cold play) dan beberapa single dari albumnya Gotye. Di jalur pop, call me maybe & We are young sukses berkumandang di benak saya sepanjang tahun. Di tahun ini dominasi penyanyi wanita masih berlanjut, dengan pelaku yang sama seperti tahun lalu seperti Adele, katy perry, rihanna, Lady gaga, Pinkan mambo…#eh maksudku Nicky minaj. Untuk Pinkan mambo Nicky Minaj saya memulai 2012 dengan membencinya dan menutup 2012 dengan mulai menyukai lagunya sebut saja Starship,Fly ….dan itu juga pun berkat remix dari Glee.

berikut Best of 2012 untuk musik-musik yang saya dengar pertama kalinya di sepanjang tahun 2012 ini :

Album of the year : The 2nd law- Muse
My Ioxyloto - Coldplay
Talk that talk - Rihana
Some nights - Fun
Overexpossed - Maroon 5

Rekaman Indonesia Terbaik : Separuh aku - Noah
Ode untuk ayah - Pandji pragiwakso ft. Teddy (32)
Perahu kertas - Maudy Ayundya (Ost. Perahu kertas)
Cobalah Mengerti - Ariel, Oki, Lukman, david, Reza ft. momo Geisha
Galau - Yovie & uno
Harus terpisah - Chakra khan

Record of the year : Call me maybe - Carly rae Jepsen
Stronger - Kelly clarkson
We are young - Fun
Somebody that i used to know - Gotye
We Found love - Rihana ft. Calvin haris

Song Of The Year : We are young - Fun
Stronger - Kelly clarkson
Shake it out - Florence & Machine
Madness - Muse
Paradise - Cold play

Best solo vocal performance : Adele (Set fire to the rain)
Carly rae jepsen (Call me maybe)
Kelly clarkson (Stronger)
Taylor swift (We are never getting back together again)
Katy perry (Part of me)

Best band/group performance : Muse (Madness)
Maroon 5 (Payphone)
Cold play (Paradise)
Linkin park (Burn it down)
One direction (What makes you beautiful)

Carly Rae jepsen
Best new artist : Carly Rae Jepsen
Fun
Gotye
One direction
Skrillex
Ellia Gouldin'

Best Dance Recording : We found love - Rihanna ft. Calvin harris
Sexy & i know it - LMFAO
Gangnam style - Psy
Titanium - David guetta
Light - Ellia gouldin'
Cinema - Skrillex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar