Minggu, 29 Juli 2012

Zaman es yang tak pernah berakhir (Review Ice age; Continental drift)

Serombongan mahkluk dari zaman es tahun ini kembali lagi dalam petualangannya yang ke-4 .... ha belum tahu ice age? Film animasi garapan 20th century fox ini pertama muncul di tahun 2002 bercerita tentang persahabatan Manford/manny (Mammoth), Diego (Sabre-tooth) dan Sid (Kukang) di awal zaman es. Di tahun 2006, mereka kembali melanjutkan petualangan, berlatar belakang waktu bumi mulai menghangat dan es mulai mencair. Di seri keduanya ini Manny bertemu kekasihnya Ellie (Mammoth betina) dan akhirnya mereka menikah. Seri ketiganya muncul 2009 bertajuk the dawn of dinosaurus berlatar belakang waktu Manny menjadi ayah. Di tahun 2012 ini, mereka kembali saat bumi terpecah membentuk gugusan-gugusan benua seperti saat ini .... (*mikir, bukannya bumi terpisah bukan karena terpecah, tetapi karena air laut naik ya? what everlah).

Diego
Cerita diawali oleh petualangan scrat si tupai purba (Chris wedge) yang masih mengejar buah kenari. Lalu cerita bergulir saat Manny (Ray romano) berkonflik dengan anak gadisnya yang mulai beranjak dewasa Peaches (keke palmer). Sang anak sendiri juga mengalami konflik remaja dengan memilih untuk dekat dengan group mamoth populer (Nicki minaj,drake, dll) atau bersama sahabatnya Ethan si tikus tanah.  Cerita ini bisa mudah kita temui di ratusan film remaja.

Sid (Jhon leguzamo) mendapat "tamu" tak terduga dari keluarga yang "membuangnya". Keluarganya Sid ternyata hanya menitipkan si nenek Grany (Wanda sykes) yang super aneh dan oleh keluarganya dianggap mengganggu perjalanan mereka.

Petualangan dimulai saat pecahan daratan membawa Sid, neneknya, Manny, serta Diego terbawa arus ke perairan bebas. Sementara Ellie (Quenn latifah) & rombongan hewan purba lainnya harus bermigrasi menghindari geseran bukit besar. Di perairan besar Manny dkk bertemu serombongan perompak yang dikepalai Gutt (Peter dinklage) seekor monyet besar, dan wakilnya saber-toothed betina (J-Lo) yang menarik hati diego. Dari sini konflik terjadi antara 2 rombongan ini bertarung mendapatkan kapal untuk tujuannya masing - masing.

Scrat
Sebenarnya Ice aged 4 tak menampilkan cerita baru di seri ini. Walau masing - masing karakter diceritakan berubah, tetapi film ini masih menampilkan resep yang sama yang telah dipakai di 3 film sebelumnya.  Seharusnya saya bosan menyaksikan film ini, tetapi entahlah saya masih merasa enjoy dengan segala petualangan mereka. Toh bukankah kita juga masih bisa tersenyum menyaksikan beratus - ratus seri Doraemon, Shinchan, Spongebob, Tom & jerry yang juga selalu menggunakan formula yang sama.

Opening film Ice aged 4
Film ini makin padat dipenuhi karakter baru, dengan membawa rombongan bintang besar sebagai pengisi suaranya. beberapa karakter baru ini memang diperlukan, tetapi sebagian besar hanya tampil bak "cameo" belaka. Tampilan 3D di seri ini membuat setting film ini terasa sangat hidup. Adegan badai di tengah laut menjadi sangat memukau. yang perlu jadi catatan disini, adalah ice age 4 mencoba menampilkan sebuah satu scene musical ala film disney. Di film ini mereka juga mengikuti jejak pixar dengan menampilkan sebuah film pendek di awal film. (seharusnya khan ada scrat yang membuka film). Mengingat hasil box officenya yang masih bagus, sepertinya petualangan mereka masih terus berlanjut.

Nilai : 2,5 dari nilai max 5.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar