Sabtu, 28 Juli 2012

Kembalinya sang pahlawan kegelapan (Review the dark knight rises)

Bane vs Batman
Nabi Muhammad SAW pernah mendapat pertanyaan : "apa hukumnya mengikuti suatu pemerintahan yang korup & penuh kebohongan, terlebih mereka akan menentukan apa yang akan kita lakukan (seperti halnya kapan kita memulai puasa) ? dan beliau menjawab "Pemerintah yang keji itu buruk, Dan yang lebih buruk dari pemerintah yang keji adalah kekacauan". lalu apa hubungannya dengan film The dark knight rises?

Bane (Tom hardy) sebagai penerus organisasi bayangan ra's al gul mewujudkan mimpinya untuk mengambil alih pemerintah kota Gotham yang korup & penuh kebohongan. Dia mengembalikan kekuasaan di tangan civil (bisa dikata golongannya sendiri & merasa paling benar sendiri). Dalam menjalankan aksinya Bane menyandera 12 juta masyarakat Kota Gotham di bawah ancaman peledakan nuklir jika ada 1 orang keluar dari kota itu. dia juga mengubur ribuan polisi dalam terowongan bawah tanah dan mengadili para politisi & konglomerat tanpa keadilan yang dihukum dengan cara ditenggelamkan dalam sebuah sungai beku. Cerita the dark knight rises ini menggabungkan cerita Batman begin dengan sebuah kebohongan yang terjadi di the dark knight (sebuah gabungan yang walau brillian tetapi menurutku sedikit memaksa)

Cat woman yang tak mengeong
Kisah dimulai dari prosesi pemakaman Harvey dent (Aaron eckart), sesuai kesepakatan semula Batman menjadi tertuduh utama pembunuhan Dent. Hal ini dilakukan untuk menutupi kejahatan Dent yang mengalami kekecewaan mendalam saat joker membunuh kekasihnya rachel (maggy gylenhal). Bruce wayne/Batman (Christian bale) merasa perlu menutupinya untuk mencegah gugatan balik ribuan para organisasi kejahatan yang dipenjarakan Dent. Komisaris polisi kota gotham Gordon (Gary oldman) merasa sangat bersalah tidak mengatakan hal yang sebenarnya.

Kematian kekasihnya Rachel & Harvey dent membuat Bruce wayne merasa hidupnya gagal. Dia mengurung dirinya di rumahnya dan tak memperdulikan bisnis keluarga wayne yang mengalami kemerosotan. Hal ini menarik perhatian perhatian para pengusaha lainnya  untuk mengambil alih saham keluarga Wayne

Lucius fox & Mirnada tate
Persaingan terjadi antara Miranda tate (Marian Cotilard) & John dagget (Ben Mendelson) untuk mendapatkan perjanjian energi alternatif milik perusahaan wayne. Melalui serangan Bane "yang tak bisa kucerna" pada bursa saham, membuat wayne kehilangan kekayaannya. Di detik terakhir Wayne menyerahkan proyek energi alternatifnya ke Tate untuk mencegah dagget yang dicurigainya punya hidden agenda menyalahahgunakan energi itu untuk kepentingan Bane.

Singkatnya bane membunuh dagget & menyabotase kota Gotham, memenjarakan Wayne, serta memaksa lucius fox (Morgan freeman) menyerahkan energi alternatif mereka yang ternyata punya efek sama dahsyatnya dengan nuklir, lalu terjadilah kekacauan di kota Gotham seperti yang saya ceritakan di awal.  selanjutnya... tonton filmnya sendiri ya yang pasti punya level lebih gila dari apa yang dilakukan joker di film the dark knight. penjahat - penjahat ini Gila, tetapi sebenarnya gejala - gejala itu memang sudah terlihat di dalam diri masyarakat saat ini.

Blake & Gordon
Di seri ini Batman terlihat sangat lemah, yang menurut  alfred (Michael caine) disebabkan faktor "tak bisa move on" , karena sebab itu Alferd meninggalkannya. Tapi batman tak berjuang sendiri masih ada si pencuri ulung selena kyle (Anne hatheway) si cat woman yang tak kudengar mengeong satu kalipun di sepanjang film. Anne sukses membawa peran selena, tetapi tak ada faktor "bitchy" yang biasa melekat pada karakter cat woman (mungkin karena tak mengeong ya hehehe). Selain selena ada Blake polisi yang terobsesi dengan Bruce wayne & Batman yang menjadi penyemangat rekan-rekannya. 

Semua cast tampil sangat maksimal dan film berjalan sangat-sangat padat. Bahkan saya tak menyadari bahwa film ini berdurasi lebih dari 2 jam. Film ini sukses menghadirkan adegan aksi yang tak hanya melibatkan adrenalian tetapi mengaduk emosi dan mengetuk relung hati terdalam kita sebagai manusia (halah... tapi bener loh).  Sang sutradara Christopher nolan memang sukses menampilkan tokoh jahat dalam level yang tak biasa. Sayangnya ini justru menjadi boomerang baginya, dengan aksi "the joker" di Denver colorado yang menembaki penonton bioskop hingga menewaskan 14 orang (kejadian ini lebih mirip kejadian di film God bless America).

Memang The Dark knight rises punya banyak scene yang menimbulkan pertanyaan "masa sih?" dan beberapa kejadian jadi tampak dramatis yang dibuat-buat. Tetapi Nolan punya ratusan cara agar kita mengabaikannya. Saya akui film The dark knight rises masih di bawah level the dark knight tetapi saya tetap menyukainya.

Nilai : 3.5 dari nilai max 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar