Kamis, 05 Juli 2012

Raising hope

Tayangan tentang keluarga berantakan, atau tentang orang tua yang tak kompeten mengasuh anak sebenarnya bukan barang baru di televisi. Sayangnya televisi Indonesia tak banyak menampilkan sudut pandang lain dari keluarga-keluarga “disfungsional” ini. Kebanyakan keluarga ini hanya ditempatkan sebagai pemeran antagonis atau contoh buruk dari suatu tindakan yang tidak baik. Untuk itu saya lebih tertarik mengamati tayangan televisi Amerika yang menampilkan sudut pandang lain dari sebuah masalah. Kali ini mereka mengangkat kehidupan suatu keluarga yang seharusnya tak layak disebut keluarga, dalam suatu serial berjudul “Raising hope”. cukup telat saya baru menyaksikan serial ini, mengingat season 1 nya sudah ditayangkan september 2010 lalu.

Cerita dimulai saat seorang remaja pria memutuskan berhenti  bekerja sebagai pembersih kolam renang, yang ia lakoni barang ayah & sepupunya. Pria ini  kembali pulang ke rumah dan mengambil sebuah poster dan memulai menulis planning hidupnya, yang ternyata berakhir dengan sebuah gambar. Opening ini mengingatkan tentang kehidupan kita dalam menjalani sebuah komedi bernama “bekerja secara profesional”. Sering kali kita lelah, & ingin keluar dari situasi “aneh” di tempat kerja dengan membuat rencana hidup, yang ternyata berakhir dengan sebuah komedi hidup lainnya.

Mike - Jimmy - Virginia - Bret
Pria muda itu bernama Jimmy, nama panjangnya James chance (Lucas neff)  berumur sekitar 23 tahun an dengan kehidupan seperti tanpa tujuan & harapan. Hingga di suatu malam dalam perjalanan pulang, seorang wanita masuk ke mobilnya dan minta diselamatkan dari kejaran seorang pria. Sebagai ucapan terima kasih Jimmy & wanita misterius bernama Lucy Carlyle menghabiskan malam dalam sebuah “One night stand”. Di saat Jimmy merasakan jatuh cinta, dia harus menerima fakta bahwa Lucy Carlyle adalah seorang burnonan pelaku pembunuhan berantai. Singkatnya, ibu jimmy melumpuhkan lucy dan menyerahkannya ke polisi.

8 bulan berlalu, Saat jimmy dipanggil ke penjara, dia mendapat sebuah kejutan besar. Lucy carlyle divonis hukuman mati, dan dia sedang mengandung anak Jimmy. Lalu pemuda 23 tahun ini pun menjadi seorang single parent. Sebenarnya Jimmy tidak hidup sendiri, dia hidup bersama 2 orang tuanya, seorang sepupu & buyutnya. Masalahnya keluarga jimmy, adalah sebuah keluarga disfungsional, yang tak memiliki kompeten mengurus seorang bayi perempuan yang awalnya diberi nama Princess Beyonce.

Great Maw maw
Virginia chance (Martha pilmpton), melahirkan jimmy, saat ia berumur 15 tahun & saat itu ayah jimmy, Burt chance (Garret dillahunt) berumur 17 tahun. Jimmy lahir akibat suatu “kecelakaan” di pesta prom night. Virginia ditinggal ibunya saat berumur 2 tahun. dan terpaksa dibesarkan oleh neneknya Maw (buyut Jimmy) yang sudah sangat pikun. Sepupu jimmy, Mike tak kalah “begalnya” dengan Jimmy. 

Pada awalnya keluarga Jimmy tak setuju, mereka harus membesarkan seorang bayi. Bukan tak mau, tetapi mereka tak kompeten! Mereka tak mau kejadian Jimmy kecil terulang pada bayi perempuan ini. Simak saat mereka meletakkan bayi dalam kereta belanja, memberikan susu dalam sarung tangan. Melihat cara mereka memperlakukan bayi rasanya ajaib sekali bayi ini bisa bertahan hidup, simak pula saat sang bayi Jimmy terjungkal dalam mobil, atau saat sang bayi harus bermandi muntahan dari ayah & neneknya saat mengganti popok, dan selusin kejadian konyol lainnya. Hingga di suatu pagi yang ajaib (karena memang kesimpulannya juga datang secara ajaib) mereka percaya bahwa bayi Jimmy akan membawa harapan baru di keluarga mereka, dan oleh sebab itu mereka memberi bayi itu sebuah nama : “Hope” dan bertekad untuk membesarkannya bersama.

Hadirnya seorang bayi, memang selalu membuat perubahan besar bagi seseorang. Tak peduli betapa besar ketidakkompetenan seseorang menjadi orang tua, selalu ada jalan bagi si bayi untuk bertahan hidup (loh kok malah sebaliknya ?). Saya sendiri tak begitu kompeten membicarakan tentang bagaimana menjadi orang tua, disini saya merasa lebih asyik untuk membicarakan serial ini. Bagaimana keluarga disfungsional ini membesarkan Hope ?..simak episode selajutnya disini :

Season 1 :
-Still in development-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar