Sabtu, 07 Juli 2012

Restart ulang kisah Spiderman

Ternyata sudah 5 tahun berjalan sejak hadirnya sekuel ketiga spiderman yang secara kualitas mengecewakan penggemarnya. Trauma seri ketiga spiderman bahkan membuat saya tidak berharap sekuel keempat film ini buru-buru dibuat. Konon, seri ke-empat spiderman sendiri tidak kunjung diputuskan, karena sang sutradara Sam Raimi mengaku kesulitan menemukan kisah yang sepadan dengan sekuel pertama & keduanya. Sony pictures selaku pemegang hak film spiderman tidak tinggal diam melihat pundi-pundinya menganggur lama, lalu dibuatlah spiderman versi reboot dengan Marc webb (500 days of summer) selaku sutradara

Reboot adalah istilah menceritakan seri awal suatu rangkaian cerita, dengan versi berbeda. Sebenarnya reboot bukan barang baru di dunia film. Contohnya Batman, versi awalnya dibuat Tim burton di tahun 1989 kemudian direboot oleh Christopher nolan di Batman begins di tahun 2005. Kisah Superman (1976) juga di Reboot di Superman return (2006). Dari banyak cerita yang direboot, memang Spider-man yang paling cepat siklus rebootnya, hadir di layar lebar tahun 2002 sudah ada versi rebootnya di tahun 2012 ini, kira-kira ada apa ya?

Uncle ben & Aunt may
Ceritanya film the Amazing Spiderman masih berkutat tentang tentang transformasi Peter parker menjadi Spiderman. Dikisahkan Peter parker kecil yang mendadak oleh ayah ibunya dititipkan ke Paman Ben (Martin sheen) & Bibi May (Sally field), lalu mereka menghilang. Peter parker (Andrew garfield) masa SMU masih diceritakan sebagai seorang pecundang di sekolah, tak punya teman, jadi bahan tertawaan, serta hanya bisa memandang seorang gadis  populer yang dikaguminya. Kali ini gadis itu bukan Mary jane tetapi Gwen stacy (Emma stone). Gwen stacy adalah putri seorang captain polisi kota New york (Danis leary). Lalu riset lama ayah peter membawanya ke Oscorp bertemu seorang Dr. Curt connors (Rhys ifans) & lagi-lagi bertemu Gwen yang bekerja disana. di satu kunjungan Peter parker tergigit laba-laba mutan, yang membuatnya jadi Spider-man. 
Uncle Ben : We all have secrets: the ones we keep... and the ones that are kept from us
Karena kekuatan super inilah Peter bisa menyelesaikan persamaan Dr. Connors, yang menggabungan 2 gen mahkluk hidup untuk menghasilkan gen super yang bebas dari rasa rasa sakit. lalu bisa ditebak khan : Paman ben terbunuh oleh seseorang yang seharusnya dihentikan oleh Peter, seseorang menyalahgunakan percobaan dan berubah menjadi monster kadal, lalu....yak saya tak melihat perbedaan dengan spiderman 1. Selain munculnya gwen stacy (yang sebenarnya juga muncul di spiderman 3), hubungannya dengan polisi (mengingatkan dengan film Superman & Batman), & misteri Hilangnya orang tua Peter. Di luar ini saya tak melihat ada hal lain yang disampaikan, sehingga cukup aneh mengapa harus repot-repot menciptakan Reboot? juga mengingat budgednya hampir 2x dari film Spiderman pertama.
Peter parker : Ahem, you know, if you're going to steal cars, don't dress like a car thief.
Car thief :  You a cop?
peter parker : You seriously think I'm a cop in a skintight red and blue suit?
Saya lebih menyukai Tobey maguire sebagai spiderman dari pada Andrew garfield. Andrew terlalu keren untuk menjadi geek yang menjadi ciri khas karakter Peter parker. Rasanya aneh jika cewek-cewek itu tak mau mengejarnya. Emma stone terlalu tua untuk menjadi Gwen stacy (walau sebenarnya saya sangat menyukainya.....*kok jadi ababil). Karakter Gwen stacy tampil lebih cerdas dibanding saat film Spiderman 3, bahkan lebih baik dibanding karakter Mary jane (btw karakter Mary jane lebih ke gadis blonde dari pada cerdas). Di film ini , Nasehat paman Ben hadir tak sesimple dulu lagi, dan patut disayangkan tak ada chemistry yang kuat antara Peter parker & Aunt may.  Dilihat dari faktor-faktor ini film The Amazing spiderman hadir laksana film action tanpa emosi & isi.


Cameo Stan lee di film ini, bisa saya sebut sebagai cameo terbaik dari semua cameo yang dilakoninya (kenal Stan lee khan?). Terakhir menyampaikan rekomendasi orang, memang benar film ini sudah cukup dinikmati dalam versi format 2D, tetapi khusus untuk adegan spiderman bergelayutan di crane menuju puncak gedung oscorp, efeknya sangat dahsyat dinikmati dalam format IMAX.

Nilai : 2,5 dari nilai max 5 (saya bisa memberi nilai lebih andai tak ada film Spiderman versi sam Raimi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar