Kamis, 23 Februari 2012

The 84th Academy Award 2012 (Best Director)


Dari 85 pemenang film terbaik oscar, 62 film juga memenangkan best director. Apakah Pemenang film terbaik tahun ini juga memenangkan sutradara terbaik ? Beirkut nominasi sutradara terbaik :

1. The Artist – Michael hazavanivicius
Tugas Michael hazavanivicius, adalah menghadirkan kembali kehidupan dibalik layar Hollywood era 1930an. Dia juga harus menyampaikan cerita dengan sedikit dialog, dengan mengarahkan pemainnya untuk lebih komunikatif melalui bahasa tubuh. Film ini merupakan nominasi oscar pertama untuk Sutradara asal perancis,, yang langsung membuat hatrick dengan nominasi kategori sutradara, editing & penulis scenario.

2. The Descendants – Alexander payne
Tugas Alexander payne adalah menghadirkan drama konflik keluarga yang sudah menjadi santapan sehari-sehari menjadi tampak segar. Payne juga harus mengarahkan para actor-aktris yang mengalami transformasi karakter secara halus. Seperti Hazanivicius, Payne di film ini melakukan hatrick sebagai produser, sutradara, & penulis scenario, melengkapi 3 nominasi oscar yang sebelumnya didaptkan dari film sideways, & election.



3. Hugo – Martin Scorsese
Tugas Martin Scorsese adalah menghadirkan kisah petualangan seorang anak yang menemukan kunci menuju penemu keajaiban film, tanpa kehilangan jati dirinya sebagai sutradara film “cowok”. Scorsese juga harus menghadirkan suasana Stasiun Paris di tahun 1930 an lengkap dengan suasana ajaibnya. Film ini memberikan nominasi oscar ke-7 bagi Scorsese di bidang penyutradaraan, yang hanya pernah menang sekali melalui film The departed.

4. Midnight in paris – Woody allen 
Tugas woody allen adalah mengeksploitasi keindahan, keromantisan, dan keajaiban kota paris. Woody allen juga harus mengarahkan versi “komedi” dari para legenda dunia seni Paris tahun 1920 an. Dibidang penyutradaraan, ini adalah nominasi bagi Woody allen yang ke-7 dengan 1 piala oscar, melalui film Annie hall.


5. The tree of life – Terrence malik
Tugas Terrence malik adalah menceritakan sebuah cerita tentang perenungan arti hidup, melalui puisi. Saya sebut puisi karena sebagian besar dialog, diucapkan secara berbisik plus “berirama”. Melengkapi puisi tersebut, Terrence malik mengarahkan bagian teknik untuk menghasilkan gambar-gambar indah di layar. Ini adalah nominasi ke-3 bagi Terrence malik sesudah film The thin red line sebagai sutradara & penulis scenario.



Who will win ? Saya memprediksi Oscar untuk film dan sutradara terbaik akan direbut 2 film berbeda, terakhir terjadi saat tahun 2006 (Saat Crash merebut Oscar film terbaik dan Ang lee (Brokeback mountain) menjadi sutradara terbaik).  Favorit juara pilihanku adalah : Martin  Scorsese (Hugo)
Akan tetapi Martin Scorsese adalah type orang yang susah menang Oscar, Kandidat lain adalah  Michael havanicius (The artist), dan mungkin Woody allen (midnight in Paris) yang bisa menjadi kuda hitam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar