Kamis, 23 Februari 2012

The 84th Academy Award 2012 (Best Actor, in a leading role & supporting role)


Untuk oscar kategori actor, in leading role or in supporting role. Actor Jack nichoulson menjadi actor yang banyak dinominasikan (12 oscar) dan banyak menang (3 oscar)
Bachir - Dujardin - Oldman - Pitt - Clooney

Best actor in a leading role
Bagi sebagian pria  5 karakter ini adalah mimpi buruk : Mulai dari seorang aktor yang mengalami kebangkrutan, Seorang suami yang dikhianati istrinya, Seorang ayah yang mengalami saat paling paling sulit demi anaknya, Seorang pensiunan yang terpaksa harus bekerja kembali, hingga seorang manajer klub football yang timnya selalu kalah. Bagi sebagian pria lain, 5 karakter ini  adalah bagaimana seorang pria menjalani hidupnya sebagai pejuang.
Leonardo ngamuk

1. A better life - Dimian bachir
Dimien bachir di film ini, berperan menjadi seorang imigran gelap Mexico di Amerika, dan bekerja sebagai tukang kebun. Perjuangannya, menaklukan amerika, dilakukan untuk membuat kehidupan anaknya lebih baik. Film ini memberikan nominasi oscar pertama untuk Dimian bachir, yang (mengejutkan) membuat kandidat peraih oscar kategori ini Leonardo Di caprio (J.E Edgar) & Michael fassbender (Shame) tersingkir dari daftar nominasi.

2. The Descendants - George Clooney
George Clooney berperan menjadi seorang suami, yang istrinya mengalami koma akibat kecelakaan. Dia sadar telah mengabaikan istri dan anak-anaknya, Di saat dia akan menebus kesalahan, dia mendapati sebuah rahasia bahwa istrinya telah berselingkuh dan akan meninggalkannya.Sebagai actor, peran ini memberikan Clooney nominasi oscar ke-4, dan dia telah memenangkan oscar pertamanya di film syriana (supporting role).

3. The Artist – Jean dujardin
Jean dujardin
Jead dujardin berperan sebagai seorang actor film bisu, yang mengalami kebangkrutan saat film berbicara mulai menjadi trend. jean dujardin berhasil membawakan karkater seorang flamboyan, yang berubah menjadi pria putus asa tanpa dialog. Film ini memberikan nominasi oscar pertama bagi dean dujardin.


4. Tinker tailor soldier spy – Gary oldman
Gary oldman berperan sebagai seorang agen yang terpaksa harus menjalani sebuah misi lagi, untuk membongkar status “double agent” di kalangan para intelejen Inggris selama perang dingin. Sepanjang karir gary oldman, film ini akhirnya berhasil menghantarkan merebut nominasi oscar pertamanya.

5. Money ball – Brad pitt
Brad pitt berperan menjadi seorang manajer klub olahraga oackland yang berusaha bangkit dari kegagalan. Dia membangun ulang timnya, dengan memberlakukan system recruitment yang tak biasa. Sebagai actor, ini adalah nominasi oscarnya yang ke-3 setelah 12 monkey (1995) dan Curious case of Benjamin button (2008).

George clooney
Who will win ? Ini persaingan 2 flamboyan dari 2 negara, George Clooney (US) Vs. Jean dujardin (Perancis).  Karakter yang dibawa George Clooney, bisa jadi ulangan Up in the air, karakter orang yang tampak tangguh di awal film, lalu berangsur menunjukkan kerapuhannya di akhir film.  Karakter Jean dujardin juga tak kalah menarik, dia menghidupkan karakter tanpa suara. Walau favouritku dalam daftar nominasi ini adalah George Clooney tetapi Jean dujardin yang memiliki peluang paling besar meraih oscar best actor, sekaligus meneruskan estafet oscar best actor menjauhi amerika (dari actor inggris ke Perancis).


Best Supporting actor in a supporting role.
Branagh - Hill - Nolte - Plummer - Sydow
1. My week with Marilyn – Kenneth branagh
Kenneth branagh berperan menjadi seorang actor-sutradara inggris, dimana di film yang dia buat, dia harus berhadapan dengan legenda Hollywood “Marylin Monroe” yang lebih banyak menghasilkan sensasi dari pada … (Ini Marylin Monroe apa Dewi Persik ya?). Ini adalah nominasi oscar ke-5 bagi Kenneth branagh, yang dia dapat sebagai aktor, penulis scenario, produser film pendek, maupun film panjang.

2. Moneyball – Jonah hill
Jonah hill berperan sebagai Peter Brand, seorang lulusan baru yang didapuk menjadi asisten manajer sebuah klub football. Berdua mereka menjalankan sebuah rencana controversial, mengembalikan kejayaan tim mereka. Film ini memberikan nominasi oscar pertama bagi Jonah hill yang selama ini lebih dikenal sebagai actor “komedi komersial”.

3. Warrior – Nick nolte
Nicknolte berperan sebagai Paddy conlon, sseorang yang dalam masa rehab dari ketergantungan alcohol. Conlon bersedia menjadi pelatih bagi anaknya dalam menghadapi sebuah kompetisi beladiri bebas. Film ini memberikan nominasi oscar ke-3 bagi Nolte, setelah terakhir masuk nominasi melalui film Affliction (1998)

4. Beginners – Christopher plummer
Plummer & Mc gregor in beginning
Christopher plummer berperan sebagai seorang tua, yang datang kembali ke anaknya, setelah mengakui dirinya gay, dan menderita penyakit kanker stadium akhir. Film ini memberikan nominasi ke-2 bagi plummer setelah film The last station (2008).

5. Extremely loud & Incredibly close – Max Von sydow
Max von sydow berperan sebagai seorang tua misterius, yang membantu seorang anak mengungkap misteri yang ditinggalkan mendiang ayahnya. Sangat mengejutkan film ini bisa menembus oscar setelah mendapat kecaman dari para kritikus.Film ini memberikan nominasi ke-2 setelah Plan the conqueror (1988)

Who will win ? Karakter Christopher plummer, cukup unik melihat seorang tua sekelas plummer yang jadi "ababil"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar