Kamis, 24 Januari 2013

Sebuah Pelajaran Dari Gadis 5 Tahun di Beast of The Southern Wild

Film Beast of the southern wild mengkisahkan kehidupan penduduk di suatu tempat bernama Bathtub di negara bagian Lousiana, Amerika serikat yang dikelilingi bendungan. Kawasan ini merupakan tempat pembuangan air dan sengaja ditenggelamkan untuk mencegah banjir di daratan utama Lousiana. Tetapi, banyak orang di kawasan ini yang enggan pindah dan tetap tinggal walau tiap musim hujan kawasan pemukiman rumah mereka digenangi air. Penduduk bathtub sendiri bagaikan kaum gipsy, yang hidup bebas, dan suka sekali mabuk, mereka juga punya kemampuan bertahan terhadap banjir. Mereka tinggal diatas rumah panggung, tidur diatas perahu yang bisa terangkat saat banjir tiba-tiba datang, menjaga pasokan makan saat banjir datang dengan berternak/berkebun diatas atap, hingga punya sistem peringatan dini saat banjir besar datang. Anak-anak di sekolah ditanamkan prinsip bahwa masa depan mereka adalah diatas air, saat es di kutub mencair tempat tinggal mereka akan tenggelam, dan mereka yang tahu cara hidup diatas air yang bisa bertahan hidup di masa depan.

Kehidupan di Bathtub memang sangat keras, begitu juga dengan kehidupan Hushpuppy (Quvenzhane wallis) seorang gadis berusia 5 tahun. Hushpuppy hanya tinggal bersama ayahnya, bernama Wink, seorang pria temperamen (Dwight henry). Tidak dijelaskan kemana ibu Hushpuppy, dia hanya besar bersama bayangan ibunya dalam benaknya berdasarkan cerita ayahnya. Dia juga meyakini seberkas cahaya kecil di tengah laut adalah rumah ibunya. Wink, ternyata menderita penyakit jantung yang parah, dia divonis tidak akan bisa bertahan hidup lama. Atas dasar ini dia berusaha membuat anak gadisnya bisa hidup sendiri. Yaa saudara-saudara dia mengajari anak gadis berusia 5 tahun untuk bisa hidup sendiri!.

Who's the man? - Hushpuppy & Wink
Untuk mempersiapkan agar Hushpuppy bisa cepat mandiri, dia menyuruh putrinya untuk tinggal terpisah. Untuk urusan makan Wink memberi ayam mentah, dan Hushpuppy harus memanggang sendiri ayamnya, dan memakan satu ayam utuh itu secara langsung. Simak pula saat wink mengajari putrinya makan kepiting mentah, hingga meminum bir!. Hushpuppy juga diajari bagaimana mendapatkan makan dari hewan-hewan peliharaanya saat sang ayah pergi, diajari memancing dengan tangan kosong, membunuh lele besar dengan sebuah pukulan, dan berbagai cara hidup tak lazim lainnya yang bisa membuat kita tersenyum sekaligus begidik.

Wink juga memperlakukan anaknya secara keras, dia tak segan membentak, mengangkat sang anak dengan satu tangan, hingga menampar. Simak satu scene saat Hushpuppy ketakutan di tengah badai, Wink malah keluar membentak langit dan menembakinya, simak pula saat Hushpuppy mengamuk, sang ayah justru membantunya menghancurkan rumah mereka. Tak patut? Kejam?... apapun label anda kepada Wink, dia melakukan itu demi kebaikan putrinya walaupun caranya tidak pernah bisa kita pahami

Hushpuppy : "Everybody loses the thing that made them. The brave men stay and watch it happen, they don't run..."
Anda boleh berteori atau apapun pengalaman kalian dalam mendidik anak sebagai dasar untuk menghujat Wink dalam memperlakukan anak, tetapi Wink telah berhasil merubah Hushpuppy yang berumur 5 tahun menjadi seorang wanita yang berani menatap takdirnya. Dia memakamkan ayahnya, ikut menghancurkan bendungan yang menyebabkan rumah mereka digenangi banjir, menghadapi hewan buas seorang diri (silahkan diterjemahkan masing-masing) dan berenang bersama teman-temannya mengarungi lautan menuju cahaya yang ia yakini sebagai rumah ibunya. Sebuah kisah hidup yang membuat generasi seperti saya yang selalu mengeluh soal hidup hanya bisa menunduk malu. Film ini benar-benar menyentuh hati sekaligus menohok kehidupan kita. Hushpuppy menyebut kita sebagai kumpulan bayi, atau hewan yang dikurung rutinitas, atau ikan dalam tangki tanpa air, atau apapun itu disepanjang film. 

Film Beast of the southern wild mampu mengekploitasi keindahan dari suatu dunia yang tak biasa dan (itu nyata). Film ini juga membebaskan kita berfantasi menentukan cerita yang sesungguhnya terjadinya. Jempol pertama untuk sang sutradara Ben Zeithin (sekaligus penulis skenario) yang mampu mengarahkan aktor-aktris yang baru pertama kali bermain film, tetapi bisa “melahap” karakter mereka masing-masing dengan sempurna. 

Jempol berikutnya untuk pemeran Hushpuppy, Quvenzhane wallis yang aslinya berumur 8 - 9 tahun saat film ini dibuat. Quvenzhane adalah roh film ini yang menghidupkan semua scene dalam film, dan dia pantas diganjar nominasi best actress Oscar 2013 (sekaligus sebagai aktris termuda yang meraih nominasi ini). Menurut saya, Gaya bertutur Quevenzhane, sangat membantu penonton memahami berbagai karakter disini. Gaya bertutur ini juga menjadikan karakter Hushpuppy terlihat tampak dewasa, tanpa kehilangan karakter gadis 5 tahun. Film Beast of the southern wild total meraih 4 nominasi oscar untuk, film terbaik, Sutradara terbaik, Penulis skenario terbaik, dan aktris terbaik.

Film ini memang kuat, indah, dan benar-benar menohok kita yang manja, tetapi saya ragu tidak semua orang bisa menikmatinya.

Nilai : 3,5 dari nilai max 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar