Sabtu, 07 Januari 2012

Green Project

Inspiratif!,  itu adalah kesan yang saya peroleh saat menyaksikan iklan Google chrome, ada banyak versi dari iklan tersebut, tetapi yang paling mengusikku adalah iklan Indonesia berkebun, tentang sekumpulan orang berbagi ilmu tentang berkebun kapan saja dan dimana saja.Iklan itu sangat mengusikku, karena sebagai seorang Insinyur Teknik Lingkungan yang sering memberikan pesan untuk menyelamatkan bumi, saya tidak pernah menanam satu tanaman pun dengan tanganku sendiri. 

Plant for food
Saya percaya bahwa kualitas lingkungan bumi ini bergantung pada seberapa hijau bumi ini, tanaman bukan hanya sebagai paru-paru, tetapi juga sebagai penjamin ketersediaan sumber makanan bagi semua mahkluk di planet ini. Di saat planet ini mulai kehilangan hijaunya,  di saat planet ini diambang krisis pangan, saya  malah hanya jadi komentator, prihatin lalu mengeluh. Saya bosan dengan peran saya selama ini, saya perlu melakukan sesuatu di tahun 2012 tindakan nyata dengan memulai belajar menanam.

Saya tidak punya kemampuan sama sekali dibidang tanam-menanam, saya tidak tahu bagaimana mengolah tanah, menyemai bibit, bahkan tidak tahu cara menggunakan cangkul, tetapi saya punya semangat! Jika orang-orang di Indonesia berkebun itu bisa, mengapa saya tidak. Saya menggunakan cara mereka dengan menggunakan internet untuk mencari referensi tentang apa yang harus saya lakukan untuk menanam, dan sekaligus mencari feed back dari apa yang telah saya lakukan.


Saya namakan resolusi juara 2012 saya sebagai The green project!. Saya targetkan untuk menanam 25 jenis tumbuhan selama 1 tahun ini atau belajar menanam 1 jenis tanaman per 2 minggu, baik dari jenis sayuran, buah dan pohon berkayu. Perkembangan project ini, tentang darimana saya belajar, bagaimana saya mempraktekan, hasil, entah itu kegagagalan maupun keberhasilan akan saya bagikan lewat internet  melalui blog saya ini, juga pada akun social media (facebook & twitter). Saya tahu ini hanya merupakan langkah kecil, tetapi saya berharap bisa menginspirasikan banyak orang untuk melakukan langkah kecil ini bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar