Rabu, 21 Maret 2012

Susahnya jadi wanita (review film Albert nobbs)


Albert nobbs (Glenn close) selama belasan tahun menyembunyikan jati dirinya sebagai seorang wanita, dan berpenampilan seperti layaknya pria. Dia mengambil keputusan ini setelah mengalami perkosaan, dan di jaman itu (abad 19) Irlandia merupakan tempat yang sulit bagi wanita untuk mendapatkan pekerjaan.

Setelah 13 tahun, dikenal sebagai pria dan bekerja sebagai kepala pelayan di sebuat hotel milik Mrs. Baker (Pauline Collins), Nobbs mendapatkan tabungan yang cukup besar untuk memulai mimpinya memiliki sebuah toko tembakau sendiri dan menikah dengan seorang wanita!. Masalahnya, Albert nobbs tak punya kepercayaan diri mewujudkan mimpinya. Di film ini, Albert Nobbs digambarkan bukan seperti seorang lesbi, tetapi keputusan ini dijalani lebih hanya karena dia ingin nyaman menjalani kehidupan (sebuah alasan yang sangat aneh).

Di dalam hotel,  dia bertemu dengan Hubert page (Janet mcTeer)  Seorang tukang cat, yang ternyata juga seorang wanita yang menyamar sebagai pria, Berbeda dengan Nobbs, Hubert berkarakter lebih berani, dengan menikahi seorang wanita, Cathleen (Bronagh gallagher). Berteman dengan hubert membuat Nobbs lebih berani mewujudkan mimpinya, termasuk mengajak Helen dawes (Mia wasiowska) menikah. Helen sebenarnya sudah memiliki seorang kekasih, Joe mackins (Aaron Johnson) seorang pemuda yang juga sebagai pelayan. Atas permintaan joe, Helen mendekati Albert nobbs dengan alasan mendapatkan uangnya yang akan digunakan sebagai modal untuk meninggalkan Irlandia. Masing - masing rencana mereka mendadak berubah saat wabah kolera menyerang irlandia.

Wabah kolera ini membunuh banyak orang di Irlandia, dan memukul bisnis perhotelan, termasuk hotel tempat Nobbs bekerja. di saat yang sama, Albert nobbs yang baru saja sembuh dari kolera, mendapati Helen yang sedang hamil mengalami kekerasan oleh Joe ….. lalu sebuah tragedi terjadi. Apa itu? Tonton filmnya, pokoknya sedih banget

Hubert pages (Mc Teer) & Albert nobbs (close)
Ketika dunia tidak bersahabat dengan wanita, para wanita meninggalkan jati dirinya menjadi apa yang dunia suka, untuk mendapatkan kenyamanan. Hidup bersama lelaki juga tak menjamin si wanita nyaman. Saya punya saudara yang menyembunyikan "kewanitaaannya" dengan berpura-pura menjadi pria dengan alasan ini, sayangnya dia sudah meninggal sebelum saya bisa mengerti apa yang terjadi. Memang alasan ini sulit kita terima, tetapi "Judgment" kita  apalagi "olokan" kita akan menambah buruk kondisi mereka.

Janet Mc teer & Glenn close sukses berbagi layar, 2 peran inilah yang sukses menghantar Close & Mc teer masuk nominasi best actress – supporting actress di banyak festival film, termasuk Academy Award. Terakhir, film ini direkomendasikan untuk yang suka dengan film yang mengharu biru.

 Nilai : 2,5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar