Selasa, 27 Desember 2011

2011 Dalam Dunia Music

Artist of the year
Ketika muncul ide review music tahun ini, yang ada dalam benakku adalah Adele! Dengan album “21” Adele tidak hanya panen pujian secara kualitas tetapi juga secara komersial dengan penjualan lebih dari 13 juta copy diseluruh dunia, Suara khas Adele penuh emosi penyayat hati adalah suara yang tepat untuk mewakili suara hati orang yang patah hati. Simak Rolling in the deep luapan emosi dari seseorang yang tercampakkan, Someone like you adalah keikhlasan seseorang yang ditinggal kawin, Set fire to the rain tentang kemarahan dari seseorang yang telah memberi harapan, Rumour has it tentang pecahnya persahabatan karena rumor cinta segitga (CMIIW) dan banyak lagi yang lain, merupakan teman istimewa bagiku tiap malam (curcol).Semoga adele cepat pulih dari radang tenggorokannya.

Glee
Oke, kalian boleh mentertawakan cerita glee yang makin gay atau makin ala gossip girl atau makin …whateverlah tapi lagu-lagu Glee masih sangat ditunggu disetiap episode barunya.
Gak setuju? Tahun ini Glee cast adalah pemegang rekor artist terbanyak yang memiliki single di chart billboard 100 (walau umurnya pendek2x). Glee cast memiliki 113 single di billboard 100 mengalahkan Elvs presley yang hanya punya 108 single dan Beatles dengan 71 single. Tahun ini mereka mulai punya lagu sendiri, walau yang ditunggu adalah lagu daur ulang & mash-up.

Women’s  year
Rebecca black
Dari chart artist of the year edisi billboard, 4 dari 5 artist of the year adalah penyanyi cewek! selain Adele penyanyi wanita yang kinclong di tahun 2011 ini ada Rihanna , Lady gaga (Born this way), Katty perry (Teenage drama). Tidak hanya menguasai pujian, penyanyi wanita juga menguasai cacian, “Rebecca black dengan Video you tube nya “Friday” sukses ditonton 100 juta orang dan menjadi video terbanyak yang ditonton di you tube, tetapi sebagian besar menonton untuk menghujatnya. Bahkan lagu Friday dinobatkan sebagai lagu terburuk sepanjang sejarah. Sial? Tidak! Rebecca black justru beruntung minimal pada isi kantongnya

Shufflin’ years
Lagu Party rock anthem & I’m sexy and i know it LMFAO sukses membuat dunia demam dance shufflin’. Selain dance shufflin’ dunia juga dibuat ngedance oleh give me everything nya pitbull ft ne yo, Party on the floor J-lo, dan apapun besutan David gueta & DJ Worm.







Youtube artist
Berkat you tube sekarang semua orang bisa jadi artist, di tahun ini selain Rebecca black ada banyak orang yang menangguk sukses masuk dapur rekaman gara-gara you tube sebut saja Boyce avenue, atau dari tanah air Norman (yang bukan Briptiu lagi), Gamal-audrey , dll  

Musik Indonesia
Lalu bagaimana dengan music Indonesia? Dominasi melayu masih cukup kuat tapi tahun tahun ini mereka punya saingan “kenorakan” bernama demam K-pop. Trend K-pop ini membuat musik indoensia (juga acara music pagi) dikuasai boyband dan girls band, sebagian kecil (mungkin mikro) memang bisa nyanyi sebagian besar cuma jualan fisik, membuatku bingung mereka ini penyanyi atau gigolo.
Sepanjang tahun saya lagi gandrung dengan album abdul & the coffe theory, aroma jazz dari yang dulunya band indie ini memang teman sempurna untuk minum kopi, ringan sederhana tapi mengena ….. 
dan sebagai penutup saya adalah salah satu yang terkena demam salah alamat di tahun 2011 ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar