Kamis, 23 Februari 2012

The 84th Academy Award 2012 (Best Sound, Mixing & Editing)


Best Sound Mixing
1. The girl with the dragon tattoo – David parker, Michael semanick, Ren klyce, Bo person
Ini adalah nominasi ke-7 bagi David parker yang sudah mengkoleksi 2 oscar (Bourne ultimatum & English patient), nominasi ke -9 Bagi Michael semanick yang juga sudah mengkoleksi 2 oscar (king kong, Return of the king),  nominasi ke-5 bagi Ren klyce (include best sound editing tahun ini), dan nominasi pertama bagi Bo person.

2. Hugo – Tom Fleischman, John midgley
Ini adalah nominasi ke-5 bagi Tom flesischman, dan nominasi ke-3 bagi John midgley. Sound film Hugo adalah favorit saya, dimana music score bisa jadi satu harmoni dengan sound effect aktivitas ratusan orang-orang di stasiun, bukan kesan crowded yang didapat, tetapi malahmenambah suasana magic.

3. Moneyball – Deb adair, Ron bochar, David giammarco, Ed Novick
Ini adalah nominasi oscar pertama bagi Deb adair, ke-2 bagi David giammarco, dan ke-4 bagi Ed novik, yang juga pernah menang oscar di film Inception (2010)




4. Transformer; Dark of the moon – Greg p russel, Gary summers, Jeffrey j haboush, Peter j davlin
Ini adalah nominasi ke-15 bagi Greg P russel tanpa kemenangan (termasuk trilogy transformer), ke-10 bagi Gary summer dengan koleksi 4 oscar sound mixing (Titanic, jurrassic park, Saving Private Ryan, & Terminator 2), Nominasi ke-3 bagi Jeffrey J Haboush, dan nominasi ke-4 bagi Peter J Davlion.

5. War horse – Gary rydstrom, Andy nelson, Tom Johnson, Stuart Wilson.
Bersama transformer, & kategori best sound editing ini adalah nominasi ke-16 bagi Gary rydstorm, dimana 5 piala oscar yang didapat, 3 oscar hasil kerjasamanya dengan stevan spielberg, dan 2 oscar yang lain hasil kerjasamanya dengan james Cameron. Bagi Andy nelson ini adalahnominasi ke-16nya dan telah mengantongi 3 oscar yang sebagian besar bekerjasama dengan Gary rydstorm. Bagi Tom Johnson  ini adalah nominasi oscarnya yang ke-8 dan telah mengantongi oscar untuk Titanic bersama Gary rydstorm, sedangkan Bagi Stuart Wilson ini adalah nominasi pertamanya.

Who will win? Saya punya rumus khusus, dimana pemenang kategori ini adalah yang punya music bagus, dan juga masuk nominasi sound effect terbaik, plus punya adegan dialog (atau monolog) panjang yang mengesankan. Film yang puya criteria ini adalah : The girl with dragon tattoo, Hugo, dan War horse. Saya memprediksi War horse akan menang oscar kategori ini, walaupun favourite saya ada di  film Hugo.

Best sound editing
Kategori ini, punya 3 nama antara lain best sound effect, best sound effect editing, hingga sejak tahun 2000 dikenal dengan best sound editing.

1. Drive – Lon bender, Victor ray ennis
Ini adalah nominasi ke-3  bagi Lod bender, yang juga mengantongi 1 oscar dari film Brave heart (1995), dan Nominasi oscar pertama bagi Victor ray ennis.

2. The girl with the dragon tattoo – Ren klyce
Ini adalah nominasi ke-5 bagi Ren klyce


3. Hugo – Phillip stocton, Eugene gearty
Ini adalah nominasi oscar pertama bagi Phillip stocton, dan nominasi oscar kedua bagi Eugene gearty.

4. Transformer; Dark of the moon – Ethan van der ryn, Erik aadhl
Ini adalah nominasi ke-4 bagi Ethan van der ryn, yang telah mengkoleksi 2 oscar melalui film kingkong & two towers. Sedangkan bagi Erik aadhl, film ini memberikan oscar pertamanya.

5. War horse – Richard hymns, Gary rydstorm
Ini adalah nominasi ke-8 bagi Richard hymns, yang telah mengantongi 3 oscar. Untukkategori sound editing, ini adalah nominasi ke-8 bagi Gary rydstormdan telah mengantongi 3 oscar kategori ini.

Who will win ? Untuk kategori ini, rumus yang saya pakai adalah film yang banyak menggunakan bukan suara asli. Untuk ini yang terbaik adalah : Hugo, War horse, dan Transformer.
Saya memprediksi wr horse akan menyandingkan sound mixing dengan sound editing, walaupun sound effect favourit saya adalah : Transformer; Dark of the moon. Flmnya dark of the moon memang payah tetapi efeknya mengagumkan, Suara robot yang bertransformasi dan saat beraksi benar-benar memorable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar