Minggu, 19 Februari 2012

The 54th Grammy Award 2012 ( Ceremony)

LL Cool J pray for Whitney

Acara puncak The 54th Grammy awards, berlangsung di staples center Los angeles California pada 12 februari malam (13 februari pagi waktu Indonesia). Acara ini menjadi acara puncak grammy ke-2 dengan penonton terbanyak setelah tahun 1984. Ada banyak dugaan, mulai dari sensasi meninggalnya Whitney houston tepat sehari sebelum acara puncak, hingga factor nominator grammy tahun ini yang lebih banyak dikuasai single/album komersial dibanding grammy-grammy sebelumnya, sebagai contoh 4 nominasi album terbaik masuk 10 besar album terlaris tahun lalu. Berikut rekap acara puncak The 54 th Grammy award (maaf jika ada scene yang terlewatkan) :

1. Acara dibuka oleh LL Cool J dengan memberikan penghormatan kepada Whitney houston, yang seharusnya dijadwalkan menghadiri acara grammy malam itu. Suasana sontak berubah hingar binger saat Bruno mars membawakan “Runaway baby”.

2. Alicia keys & Bonnie ritt mendinginkan suasana dengan memberikan Tribute to Etta james, sebagai salah satu peraih life time achievment dengan membawakan single “A sunday kid love”.
Seusai performance, Alicia keys & Bonnie ritt, membacakan pemenang grammy pertama best pop performance kepada : Adele, yang memberikan ucapan terima kasih nya kepada dokternya karena telah mengembalikan suaranya.
“lagu someone like you telah merubah saya, juga merubah hidup banyak orang” - Adele.

3. Sesi pertama Grammy ini ditutup dengan Chris brown yang membawakan single Turn up the music

Foo Fighter
4. Jack black membuka penampilan Foo fighter yang dilakukan di halaman staples center (demi menjaga ke “indie” an nya) . Membawakan single “walk”, foo fighter tampil dahsyat, tetapi sepertinya mereka kehilangan suara di akhir scene CMIIW.

5. Acara berpindah kembali ke dalam panggung, dimana Rihana membawakan lagu “We found a love” sambil gegoleran diatas panggung (sangking maxinya penampilannya). Penampilannya disambung dengan duet coldplay membawakan “Princess of china” secara akustik. Duet Rihana-cold play ini ditutup dengan single “Paradise” dimana suasan gelap dengan kerlip cahaya dari penonton dan efek cahaya graffiti ala konser cold play. Performance ini sebagai pembuktian bahwa kualitas vocal chris martin masih mantab.
Cold play - Paradise

6. Acara dilanjutkan dengan memberikan Grammy Best rock performance oleh 2 pemain football kepada foo fighter, dimana panitia memotong speech foof fighter karena masalah durasi.
“bahwa karir kami (foo fighter) yang dibuat di garasi, bukan tentang sempurna, bukan terdengar akurat di computer, tetapi ini tentang pikiran dan perasaan”
7. karena insiden pidato kepanjangan foo fighter, hingga adegan panggilan Ryan scarest harus dilakukan 2x. Ryan scarest memberikan opening dalam Reunion beach boys.
Reunion ini Maroon 5 membawakan Single “surfer girl”, dilanjut Foster the people “Wouldn’t be nice”. Penampilan 2 band ini cukup unik, karena sesaat telah berhasil menjadi band tahun 50an. Mungkin akan seru saat mereka berdua mendaur ulang single yang mereka bawakan menjadi music ala mereka. Reunion ini ditutup saat mereka berkolaborasi dengan opa-opa opa di single  “The good vibration”
Foster the people, Beach boys, Maroon 5

8. Stevie wonder menjadi opening performance Paul McCartney ft. Diana karl & Joe walsh yang membawakan “My valentine” ….        

9. Taraji P Henson membacakan penerima grammy lifetime achievement, dilanjutkan dengan pemberian grammy R&B album ke Chrish brown “FAME”. Chris brown tampak sangat grogi dalam pidatonya, yang malah mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan tampil.

10. Civil wars memberikan opening 60 detik dengan menyanyikan “Barton hollows” atas performance Taylor swift “mean” …Taylor swift tampil dengan menggunakan piyama!, performance taylor swift cukup bagus, tetapi kenapa Civil wars hanya diberi kesempatan tampil 60 detik. Padahal keduanya sama-sama meraih 2 grammy malam itu.

11. Neil patrick haris, yang berjanji tidak melucu membawakan penghargaan “song of the year : ke Adele. Disini baru sadar bahwa walau penampilan bisa menipu, tetapi kelakuan tidak, ternyata adele bisa juga ngiki ala ababil

12. Miranda lambert memberikan grammy best country album kepada Lady antebelum

13. Gwyneth paltrow menjadi opening performance Adele dengan “rolling in the deep”. Performance pertama adele pasca operasi pita suaranya ini bagus, tetapi masih dibawah performa biasanya. Lengkingan khas Adele sedikit sekali keluarnya, mungkin masih khwatir dengan pita suaranya ya. Satu lagi untuk yang punya “fat joke”…kenapa dia tak boleh jadi gendut. ?

14. Taylor swift memberikan opening kepada the Band perry & Blake Shelton yang memberikan tribute kepada peraih lifetime achievement bidang country.

15. Carrie underwood & Tony bennet berduet single ”it had to be you” Sekaligus memberikan grammy best new artist kepada : Bon Iver.

Dead mau5
16. Neil protnow presiden NARAS memberikan presentasi, tentang kegiatan NARAS & memberikan penghormatan musisi - musisi yang meninggal tahun lalu dengan diakhiri oleh penampilan jenifer Hudson “I will always love you”

17. Batle of dance antara David guetta dengan .I can only imagine featuring lil wayne/chris brown/david guetta  ….yang dilanjutkan penampilan di luar panggung, Foo fighter vs. Deadmau5 dengan gaya micky mouse virtual membawakan Rope & Raise your weapon

Nicki Mina "kesetanan"
18. Nicki minaj tampil dengan single “Drake roman’s revenge”, dengan opening “I feel pretty” yang dinyanyikan ala orang kesetrum. Konsep performance Nicky minaj cukup bagus, dengan nuansa gereja…tapi entah tetap ngeganggu dari segi visual maupun suara.

 
19. Pemberian Grammy Record of the year oleh pemenang tahun lalu : Lady antebellum kepada Adele.

20. Akhirnya Grammy terakhir “album of The year dibawakan Diana ross & LL cool J, dengan menyebut produser of the year Paul Epworth sekaligus pertanda bahwa album 21 milik adele yang jadi pemenang.
Adele win Album of the year
21. Closing perform :Paul mc cartney….Golden slumber




Yang selalu ditunggu dari acara puncak grammy, adalah penampilan artis-artis nominatornya, banyak disajikan colaborasi tak lazim, dan hits yang yang akan booming, Menurut kalian siapa yang jadi perform terbaik malam itu ? berikut 4 perform terbaik pilihanku :

Rihanna Ft. Cold play
1. Rihana – Cold play ; Mereka jadi performa terbaik sepanjang rangkaian performa malam itu, dari 2 warna music berbeda, seharusnya mereka lebih sering berkolaborasi
2. Deadmau5 vs Foo fighter ; baru mendengar versi asli rope, walau berebda dari versi mix nya deadmau5 tapi cukup asyik didengar.
3. Walk – Foo fighter : walau kata seorang teman bukan performance terbaik foo fighter, tetapi mereka sudah tampil luar biasa, malam itu.
4. Reunion Beach boys plus kolaborasi mereka dengan Maroon 5 dan Foster the people

Perform terburuk : Nicki minaj ! ……. Dan sebagai runer-up “my valentine” nya Paul Mc cartney, bahkan aku tidak mengenali dimana bagian Diana karl?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar