Minggu, 19 Februari 2012

The 84th Academy Award 2012 (Animated,short & features)

Best animated feature film
Dari kisah kucing di jalanan paris, hingga yang berupaya mencuri kacang ajaib. Dari seekor kadal yang mengungkap kejahatan di gurun nevada hingga aksi Panda yang berupaya menjadi pendekar kungfu di china, dan sebuah perjalanan sepasang musisi dari Havana ke New York dan Los angeles, berikut nominasinya : 

1. A cat in Paris – Alain gagnol, and Jean-loup felicoli
Film animasi asal perancis ini bercerita tentang kisah seorang kucing yang menghubungkan seorang gadis kecil yang baru kehilangan ayahnya dengan seorang pencuri. 




2. Chico & rita – Fernando trueba, Javier Marisca
Chico adalah pemain musik & Rita adalah seorang penyanyi asal kuba, berdua mereka berpetualang dari New York, Paris, Las vegas, 









3. Kungfu panda 2 – Jenifer yuh nelson
Poo, adalah seekor panda, yang diseri keduanya telah menjadi salah satu pendekar kungfu berhadapan dengan penjahat tangguh seekor burung merak, yang membaa poo kembali mengorek masa lalunya. Cerita kungfu panda memang tidak sekuat film pertamanya, tetapi film ini punya derajat “FUN” yang sama besarnya dengan film pertama. Dan dari segi teknologi, film ini punya detail animasi yang luar biasa terlebih jika anda menyaksikan versi 3D nya.

 4. Puss in boots – Chris miller
Merupakan spinoff dari shrek yang bisa dikatakan sudah  “habis”. Puss seorang kucing “jagoan” yang berencana mencuri sebuah kacang ajaib, tetapi bukan hanya dia yang menginginkan. yang unik walau digambarkan tangguh, naluri sebagai kucingnya tak pudar.




 5. Rango – Gore verbinski
Rango adalah seekor kadal “rumahan”, hingga sebuah kecelakaan mendamparkan dia di sebuah di gurun pasir yang sedang mengalami krisis air, berbagai kebetulan dan keberuntungan akhirnya membuat rango menjadi sheriff sekaligus membuka misteri hilangnya air dari kota tersebut, mirip dengan karakter Jack sparrow mengingat Jhonny depp pengisi suara ini, dan sutradaranya sama.

Who will win ? menurut saya, final ideal Oscar best animated feature tahun ini adalah antara Kungfu panda 2 Vs.The adventure of Tintin. Setelah kecewa gagalnya “kungfu panda 2” masuk nominasi best animated di golden Globe, kini giliran  “The Adventure of Tintin” yang gagal masuk nominasi Best animated Oscar. Konon, penyebab gagalnya tintin masuk nominasi ini adalah Tintin tidak tergolong sebagai film animasi!
Dari segi teknologi A cat in paris & Chico & rita praktis tidak bisa bersaing dengan 3 animasi 3D karya Hollywood, yang mendominasi oscar category ini. Prediksiku pemenang kategori ini antara Rango Vs kungfu Panda 2, jika selera juri oscar mirip dengan juri golden globe, maka Rango berkesempatan besar menang, seperti yang terjadi pada Producer guild award dan BAFTA lalu. Tetapi prediksiku yan akan memenangkan oscar best animated feature, sekaligus film favoritku  adalah : Kungfu Panda 2, itung-itung sebagai pengganti gagalnya Kungfu panda 1

Best Short Film (Animated)
Short animated, merupakan jenis film yang durasinya tak lebih dari 40 menit, tahukah kalian bahwa 12 oscar dari 22 oscar kategori ini dimenangkan film dari Walt Disney, dan kartun Tom & jeryy merupakan pemenang terbanyak kaegori ini sebanyak 7 oscar

1. Dimanche – Patrick doyon
Cerita tentang seorang bocah yang mencari hiburan dengan sebuah koin, saat berlibur di rumah kakek-neneknya.






 2. The fantastic flying books of Mr. Morris lessmore – Wiliam joyce, Brandon oldenburg
Kisah seorang pria yang bertemu seorang wanita yang “diterbangkan” oleh sekelompok buku. Saat bertemu si wanita itu meninggalkan sebuah buku terbang miiknya, yang mengajak pria itu masuk ke sebuah rumah buku. Disana dia belajar banyak hal dari buku, dan memberi warna hidup orang lain dari buku yang dia miliki. Hingga suatu saat, dia kembali muda kembali oleh buku-buku dan”diterbangkan” oleh sekelompok buku.
Film tanpa dialog ini hendak mengatakan bahwa buku membuat hidup kita lebih berwarna, dan bagian terbaik dalam hidup adalah, bisa member inspirasi ke orang lain dari buku yang kita tulis.

3. La luna – enrico casarosa
Seorang bocah yang menghabiskan malam menemani ayah dan kakeknya menghabiskan malam dengan cara yang tidak biasa. 





 4. A morning stroll – Grant orchard, Sue goffe
Kisah pejalan kaki di New York di suatu pagi yang bertemu seekor ayam, animasi ini unik, menggabungkan  animasi model grafis, hingga 2 dimensi dan diakhiri animasi 3 dimensi.



 5. Wild life – Amanda forbis, Wendy tilby
Adalah kisah seorang pria Inggris yang mencoba hidup sebagai seorang “rancher” apa istilahnya untuk Indonesia : peternak? Peladang? …. Tetapi ternyata mimpi priainggris ini terkalahkan musim dingin. Animasi ini bergaya testimony, baik dari tetangga, dan orang-orang terdekatnya, maupun dari surat yang dia kirim ke orang tuanya.


Who will win ? Mengingat saya baru menonton 3 film saja, (minus dimanche & a morning stroll), saya hanya bisa mengatakan La luna unggul dari segi teknik, film ini juga unggul soal “keajaiban animasi” seperti film pixar kebanyakan. The fantastic flying books of Mr. Morris Lessmore punya keunggulan dari segi cerita.
Pemenang ? Antara film The fantastic flying books of Mr. Morris lessmore & La luna. Prediksiku yang menjadi calon kuat pemenang sekaligus sebagai film favoritku  adalah : La Luna …dan ini akan jadi oscar ke-13 bagi Disney dan oscar ke-4 yang disumbangkan melalui anak perusahaan Pixar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar