Rabu, 22 Februari 2012

The 84th Academy Award 2012 (Best Score & Song)


Best Original Score
1. The adventure of tintin
John williams for Tintin & War horse
Dimana ada Steven spielberg disitu ada John Williams, Kali ini John Williams membuat komposisi orchestra untuk menghidupkan suasana petualangan Tiintin bersama kapten haddock mencari harta karun. Bersama film war Horse ini adalah nominasi oscar ke-47 bagi Williams (song & score) sejak Valley of the dolls (1967). Williams sudah meraih 5 oscar, dan 18 grammy. Yang lebih unik lagi, bersama war house adalah soundtrack pertama john Williams sejak Indiana Jones tahun 2008 lalu.


2. The Artist – Ludovic bource
Ludovic bource
Musik jadi komponen utama sebuah film bisu, Score the artist dibuat untuk membangun suasana yang tak terungkapkan lewat dialog dan membantu menjelaskan acting para pemain. Entah kenapa Komposisi-komposisi yang dibuat Ludovic bource serasa tidak asing di telinga. Film The artist ini memberikan nominasi oscar pertama bagi Ludovic bource.




3. Hugo – Howard shore
Howard shore
Filmnya meyakinkan kita untuk tetap percaya bahwa kita bisa membuat keajaiban di dunia nyata, dan bahwa film adalah tempat mimpi diciptakan. Sangat tepat Martin Scorsese memilih Howard shore untuk membuat komposisi hugo, dikenal sebagai spesialis film fantasy dengan  3 oscar dari trilogy LOTR.

4. Tinker tailor soldier spy – Alberto Iglesias.
Filmnya sendiri bercerita tentang spionase, Alberto Iglesias membuat komposisi score bernuansa “akan maju perang” (hehehehehe, sulit mendeskripsikan musik) maksudnya tempo lambat di awal, lalu makin cepat di akhir. Film ini memberikan nominasi ke-3 bagi alberto Iglesias setelah The kite runner dan The constant gardener.


5. War horse – John Williams
Satu lagi karya duet John Williams – Stevan spielberg… masih bernuansa Eropa saat perang dunia pertama. Kali ini John score yang dibuat lebih lembut dibandingkan Tintin, menciptakan suasana getir di tengah tragedy perang, hingga harapan tercapainya suatu keinginan.

Who will win ? Thanks to you tube yang telah menyediakn score seluruh nominator, dan saat tidur malam, adalah saat yang tepat menikmati ke-5 nominator oscar ini. Calon kuat pemenang oscar best original score sekaligus score favoritku adalah : The artist.!


18. Best original Song :  Rio - real in rio
2 nominasi saja? serius? Ini adalah nominasi paling sedikit di kategori ini sejak penghargaan ini diberikan tahun 1934. 
Mengapa? Dalam penilaian nominator, masing-masing Juri oscar memberikan skala penilaian 0-10. Nominator adalah 5 film (atau 10 film untuk best picture) yang mendapatkan penilaian tertinggi diatas poin 8,25. Jika calon nominator yang memiliki poin diatasi poin 8,25 hanya 1 film atau kurang, maka dipilih 2 nominator dengan nilai tertinggi, seperti yang terjadi tahun ini …
artinya? Setuju! tahun ini hampir tidak ada original song for motion picture yang “mengena” atau yang membuat filmnya lebih memorable. Bahkan di acara grammy, mereka tergusur dengan lagu  dari film serial televisi. Berikut nominasi terbaik dari terburuk:

1.The muppet ; Man or muppet – Bret McKenzie
Di film, single ini di nyanyikan oleh Jason segel – Jim parson (human form) Vs  Peter linz-Bill barreta (muppet form). single ini merefleksikan “kegalauan” Gary (Jason segel) yang menghabiskan seluruh waktunya untuk para muppet, dan melupakan kekasihnya amy adams


am i a man or am i a muppet, if im a muppet then im a very manly muppet , if im a man that makes me a muppet of a man”

Single ini adalah nominasi oscar pertama bagi Bret McKenzie tetapi lagu ke-3 dari film muppet setelah "Rainbow Connection" dari The Muppet Movie  (1979) dan "The First Time It Happens" dari The Great Muppet Caper (1981)

2. Rio; Real in rio – Sergio Mendes, Carlinhos Brown, Siedah Garret
Single ini dinyanyikan oleh hamper semua cast film Rio :  Jesse eisenberg, Jamie fox, Anne hathway, will I am, dll. Single ini menceritakan tentang bagaimana burung- burung brazil menikmati hidup mereka
"All so clear we can sing to Sun and beaches they call dance to the music, passion and love Show us the best you can do”
 Single ini meghantarkan nominasi oscar pertama bagi Sergio mendez & Carlinhos brown, dan merupakan nominasi kedua bagi Siedah garret setelah single “Love yo I do dari film dream girls (2006).

Who will win ? Dari segi lyric, Man or muppet lebih unggul, tetapi dari komposisi & performance, Real in Rio lebih unggul.. Dari sini seharusnya Real in rio menjadi calon kuat pemenang, tetapi entahlah (mungkin juga factor lebih memorable) setelah melihat filmnya saya berubah pikiran untuk menjagokan : Man or muppet” meraih oscar bestt original song.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar