Sabtu, 07 September 2013

Daftar Film Musim Panas 2013 (rank 9 - 19)

Deretan teratas film musim panas terbaik 2013 dapat dibaca di sini. Berikut deretan film musim panas terbaik urutan 9 - 16 :

9. Now You See Me
Daniel Atlas (Jesse eisenberg), Henley reeves (Isla fisher), Jack wilder (Dave franco), dan Merrit osbourne (Woody harelson) adalah 4 orang pesulap handal yang dipertemukan oleh seseorang misterius. Bergabung dalam suatu show sulap bertajuk The four horseman, 4 pesulap ini memiliki pertunjukan utama :  merampok sebuah bank di depan ratusan penonton. Tak hanya bank, produser acara mereka  (Michael caine) pun mereka kuras hartanya di depan ratusan penonton.
Polisi, FBI, dikepalai Dylan Rhodes (Mark ruffalo), dan agen Interpol Vargas (Melanie Laurent) kebingungan mengungkap cara 4 pesulap ini melakukan aksinya. Dibantu seorang pengamat sulap Thaddeus Bradley (Morgan freeman), para penegak hukum ini melakukan aksi kucing – kucingan untuk bisa menjerat 4 pesulap ini ke meja hijau. Berhasilkah?
Film ini hadir sama seperti prinsip dalam sulap “Semakin anda melihat dekat, semakin anda bisa tertipu”. Now you see me tampil bak laksana sebuah trik sulap. Ada banyak tipuan hadir di film ini yang menggugah kita untuk menganalisa, dan itu semakin membuat kita makin mudah tertipu. Film yang disutradarai Louis leterrier ini membuat kita terus bertanya bagaimana mereka melakukannya dan apa maksudnya? Bahkan hingga di akhir film, saat semua trik terungkap, film – film ini masih menyisahkan pertanyaan. Nilai : 3/ 5

Note : Belajar dari film ini saya curiga bahwa teori illuminati & freemanson dibuat sebagai trik untuk pengalihan masalah sebenarnya, yang mungkin tujuannya sama bahkan lebih besar. (nah loh makin bingung khan? itulah sulap, mengaburkan batas fakta dengar ilusi dengan fakta dan ilusi).

10. The Great Gatsby
Film ini berkisah tentang seorang penulis kurang beruntung (karena tak bisa dibilang melarat) Nick caraway (Tobey Maguire) yang penasaran dengan sosok pria kaya bernama Gatsby (Leonardo di Caprio). Gatsby tiap malam mengadakan pesta besar di rumahnya, yang dihadiri oleh banyak orang keren di kota New York, sayangnya tak satupun dari tamu – tamu itu tahu dimana dan siapa Gatsby. Banyak isu, gossip, dan mitos berkembang tentang siapa Gatsby, tetapi mereka tak begitu tertarik mencari tahu kebenarannya. Mereka telah tenggelam dengan pesta glamour, di tengah keeksotikan New York tahun 20an. Di film ini kita benar – benar di manjakan secara visual oleh keglamouran setting, busana, makeup bercita rasa seni tinggi, khas Buz Luhrman seperti di dalam film Moulin rounge & Australia. Sebuah visual diatas rata-rata yang akhirnya malah membuat kita bertanya.. ini film tentang apa ya? *Loh*
Di balik pesta besarnya, Gatsby adalah seorang yang gagal move-on (yaelah bro). Dia mengundang Nick ke pestanya demi bisa bertemu cinta lamanya Daisy Buchanan (Carey mulligan) yang saat ini sudah menikah dengan pria kaya. Pertemuan kembali Gatsby dengan Daisy ini berujung pada tragedi. Deretan cast yang meyakinkan membuat Gatsby makin berkilau, walau alur ceritanya sebenarnya  biasa  Nilai : 3 / 5

11. Before Midnight
Setelah Before sunrise (1995), Before sunset (2004), Sang sutradara, & penulis skenario Richard linklater melengkapi cerita kehidupan Jesse (Ethan hawke) dan Celine (Julie Delphi) di Before midnight. Kali ini mereka sudah memasuki usia 40an, tinggal di Paris, dengan anak perempuan kembar mereka. Saat mereka berlibur di Yunani, Jesse tersadar dia cukup banyak melewatkan masa muda anak pertamanya (dari istri pertama), dan mereka membicarakan sebuah opsi pindah.
Setelah 18 tahun, tak disangka Jesse dan Celine masih punya obrolan “dahsyat” tentang hidup mereka. Mereka berbicara tentang apa yang mereka rasakan sebelumnya, lalu menghubungkan apa yang mereka akan lakukan selanjutnya. Sebuah pertengkaran nan sexy, menjadi penutup yang manis
Film ini semacam break yang menyegarkan setelah kita dibombardir berbagai hingar bingar film summer yang memanjakan visual & telinga. Sempat berfikir, ada nggak sih di dunia nyata orang yang telah 9 tahun menikah tetapi masih bisa seasyik mereka saat ngobrol? Nilai : 3 / 5

12. The World’s End
Semasa muda Garry king (Simon Pegg), Peter page (eddie marsan), Oliver chamberland (Martin freeman), Steven prince (Paddy considine), Andy knightly (Nick frost) melakukan “ pub crawl” di kota tempat tinggal mereka di Newton Haven. Pub crawl atau bar tour yang mereka lakukan adalah mengunjungi dan minum di 12 bar yang ada di kota itu dalam satu hari. Sayangnya kekacauan, dan karena sudah terlalu mabuk membuat mereka gagal mencapai bar terakhir bernama The world’s end.  
Setelah 20 tahun berlalu, Garry king mengajak sobat-sobatnya plus saudari oliver Sam (Rasamund pike) untuk kembali ke kota asal mereka dan menyelesaikan misi pub crawl. Tak disangka kekacauan – kekacauan kecil akibat kesalahapahaman yang mereka buat dalam bar- bar yang mereka kunjungi berubah menjadi suatu pertempuran besar melawan robot-robot yang ternyata bagian dari invasi alien ke Planet Bumi. Apapun yang terjadi, 5 orang sobat ini tetap berusaha menyelesaikan misinya, mencapai bar terakhir bernama World's end.
Lagi – lagi Simon peg berhasil membuat komedi klasiknya. Guyonan slapstick penuh kekerasan tapi cerdas ini sebenarnya bukan type film saya, tetapi entahlah Simon peg & sang sutaradara edgar write sukses menulis ini menjadi sesuatu yang segar untuk dinikmati. Nilai : 3 / 5

13.  This is The end
Mungkin aktor-aktor Hollywood ini capek menjadi orang lain di filmnya sehingga mereka membuat film This is the end. Di film ini : James franco, Jonah hill, Seth rogen, Craig robinson, Jay baruchel, Michael cera, Emma Watson, dan lain-lain menjadi diri mereka sendiri. Diceritakan saat aktor-aktor ini berpesta di rumah James franco, datanglah kiamat. Sebagian dari mereka memilih untuk bertahan di rumah Franco. Lalu dimulailah petualang aktor-aktor yang terlihat egois, naïf, dan sedikit bodoh untuk bertahan hidup dari kejaran monster iblis.
Setelah sok tahu mentertawakan karakter orang lain, film ini jadi ajang mereka untk mentertawakan diri mereka sendiri. Nilai : 3 / 5.

14. 2 Guns
Bobby (Denzel Washington) & Stig (Mark whalberg) berencana membobol sebuah bank di sebuah kota kecil di perbatasan Amerika – Meksiko. Mereka menyasar deposit box milik seorang dealer obat terlarang. Tanpa saling mengetahui, Bobby adalah agent DEA yang menyamar, begitu juga Stig adalah NAVAL (angkatan laut) yang juga menyamar. Keadaan makin sulit saat mereka tahu deposit box yang mereka rampok adalah hasil pencucian uang milik militer amerika. Alhasil terjadi kucing – kucingan perebutan uang curian, sambil mereka-reka siapa kawan siapa lawan.
Film ini seakan jadi ajang adu akting  keren antara Danzel Washington & Mark whalberg. Kedua aktor ini menampilkan chemistry yang klop, walau punya karakter yang bertolak belakang. Duo penegak keamanan yang dijebak ini menghadirkan drama, action maupun komedi gelap dengan proporsi yang pas. Sayangnya 2 guns hanya sekedar film santai, dia tampak tak mau tampil serius seperti Training day, dan pula tak mau tampil hingar bingar seperti  Lethal weapon ataupun Bad boys… atau ini hanya sekedar test case untuk petualangan lebih gemerlap lagi? Nilai: 3 / 5

15. Fast & Furious 6
Hantam mereka, Vegh.” menjadi quote of the year bagi penonton film Indonesia. Satu – satunya dialog berbahasa Indonesia dari sedikit dialog yang diucapkan Jah (Joe Taslim) menjadi puncak kerinduan pecinta film Indonesia, yang merasa negaranya selalu “tidak dianggap” di film – film blockbuster (kachian…hihihi). 
Joe taslim memang punya sedikit dialog, karena sebagian besar scenenya dilakukan dengan melakukan adegan action!. Tak hanya adu balap, Joe taslim melakukan adegan berantem. Gara - gara itu, terjadi tak terhitung berapa banyak orang yang punya keinginan ditendang pake 2 kaki oleh Joe taslim…(lol)
Kesuksesan Fast Five menghidupkan karakter & alur cerita Fast & furious (..dan menarik saya sebagai fans baru film ini) terlihat dampaknya di film Fast & furious 6. Justin lin yang kembali duduk di bangku sutradara & penulis scenario tinggal melanjutkan apa yang telah dibangun di film sebelumnya. Minimal penonton telah memiliki ikatan emosi antara Dominic toreto (Vin diesel), Brian (Paul walker) dan sang istri Mia (Jordana brewster) yang telah memiliki momongan, serta Roman (Tyrese Gibson), dan Han (Sun kang).
Diceritakan Dominic dkk mau menerima tawaran Luke hobbs (Dwayne Johnson)  untuk membekuk kawanan pencuri senjata pemusnah missal yang dikepalai Owen shaw (Luke evans). Mereka mau menerima tawaran tersebut, karena Letty (Michael Rodriguez) kekasih Dominic yang disangka mati, ternyata masih hidup. Letty hilang ingatan, dan bergabung dengan kawanan Owen. Lalu terciptalah aksi kebut-kebutan gila – gilaan nan fantastis di berbagai tempat di Eropa, yang tak hanya melibatkan mobil, tetapi juga tank dan sebuah pesawat!
Walau dari segi cerita, Fast & furious 6 tampil tak sekuat fast five, tetapi fast & furious 6 tampil lebih gemerlap untuk urusan action. Film ini sangat menghibur, walau logikanya agak sedikit memaksa. Nilai : 2,5 / 5.

16. After Earth
Di tengah caci maki para kritikus, saya menilai film After earth terlalu underated. Film yang bercerita tentang seorang anak laki – laki Kitai (Jaden smith) yang terobsesi ingin menjadi prajurit  tangguh seperti ayahnya. Dia menyalahkan dirinya, saat tak bisa menolong sang kakak yang terbunuh oleh sebuah monster. Sayangnya, sang ayah Cypher (Will smith) terlalu sibuk dengan pekerjaanya, dan hubungannya dengan sang anak terasa dingin dan kaku. Mengambil setting cerita ratusan tahun setelah manusia meninggalkan Bumi, M. Night Shyamalan berhasil membangun fantasy dunia futuristic masa depan manusia di planet lain. Mungkin karena saya sebagai fans film sci-fic, saya jadi menikmati film ini.
Sebuah kecelakaan pesawat, membuat Kitai dan ayahnya terdampar kembali ke Planet Bumi. Di masa depan, planet bumi kembali menjadi hutan belantara, tetapi atmosfirnya berubah menjadi sangat beracun bagi manusia. Para mahkluk hidup yang tertinggal berubah menjadi monster yang haus darah. Akhirnya, perjuangan hidup mati Kitai dan Ayahnya di Bumi, sedikit demi sedikit mencairkan hubungan beku mereka.  Nilai : 2.5 / 5

17. Elysium
Di tahun 2154, Bumi mengalami kelebihan kapasitas tinggal manusia. Lingkungan sudah tidak mampu lagi menyediakan kehidupan yang layak bagi Manusia. Sekelompok orang kaya memilih pindah ke sebuah planet buatan untuk mempertahankan kualitas hidup mereka. Semua manusia penghuni planet yang diberi nama Elysium hidup mendekati sempurna, teknologi dan alam buatan menyediakan apa yang mereka mau. Sebaliknya di Bumi, manusia kian hidup sengsara. Sekolompok orang Bumi berniat menyabotase Elysium, cerita detailnya dapat dibaca di sini.
Hadir dengan premis yang menjanjikan, Elysium ternyata gagal dikembangkan oleh Neill Blomkamp. Dibintangi oleh aktor – aktris watak jempolan sekelas Jodie foster dan Matt dammon, yang juga gagal dimaksimalkan kehadirannya. Secara keseluruhan film ini tak buruk, tetapi dengan premis yang menjanjikan dan pengalaman Neil dalam menghasilkan Distric 9, saya berekpetasi lebih terhadap film ini. Nilai : 2 / 5
  
18. The Heat
Sarah Asburn (Sandra bullock) adalah seorang agent FBI yang punya ambisi dan ego tinggi. Dia tak mau dan tak bisa berpatner dengan siapa saja. Dia ditugaskan menangani kasus untuk membongkar sindikat narkoba, yang mau tak mau membuatnya harus berpatner dengan spolisi Boston, Shanon mullins (Melissa McCarthy). Shanon walau punya dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya, dia kesulitan punya patner karena sikapnya yang keras kepala cenderung slengekan dan semaunya sendiri.
Lupakan soal cerita, dan alur yang tak penting. Film ini punya kekuatan komedi di 2 karakter yang dibawakan secara kocak oleh Bullock & McCarthy yang memang jadi satu – satunya nilai plus ini. Mengapa sang produser tidak menjadikan the heat sebagai sekuel Mrs. Congeniality ya?  Nilai 2 / 5
  
19. Red 2
Frank mosses (Bruce wills) pensiun dari dunia operasi intelegent rahasia, dia memilih hidup tenang bersama kekasihnya Sarah Ross (Mary louise parker). Tiba- tiba saja namanya masuk daftar pencarian orang berbahaya, menyangkut bocornya operasi nightingsade, yang merupakan skandal operasi intelegent negara sekutu di Rusia. Akhirnya dimulai petualangan kucing – kucingaan Frank, Sarah, dibantu sahabat mereka Marvin (Jhon malkovich) menghindari kejaran para agen rahasia. Penyelidikan mereka akan rahasia dibalik Nightingsade membawa mereka ke Ilmuwan gila, Bailey (Anthony hopkins). Tak cukup mengerahkan agen rahasia biasa untuk menangkap Frank dkk, Pemerintah menyewa pembunuh berdarah tinggi sahabat mereka, Victoria (Hellen mirren), pembunuh bayaran terbaik dunia Han cho bai (Byung-hunlei),  dan menyewa Katja (Catherin zeta jones).
Bagi yang sudah menyaksikan Red, film ini praktis tak mengusung hal baru. Bukan berarti buruk, Red 2 masih membawa keasyikan yang dimiliki film awalnya. Komedi segar plus action keren dari para actor watak yang “saling bunuh dengan gaya” masih menghiasi sepanjang Red 2. Scene stealer, tak disangka justru direbut bintang paling yunior disini Mary louise parker. Nilai : 2 / 5

Deretan film musim panas lanjutan dapat di baca di link ini

1 komentar:

  1. terimakasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi http://bit.ly/2QQMNIX

    BalasHapus